Wednesday, January 14, 2009

iklan baris

=======APA ITU IKLAN WEB BARIS ?===================
"Iklan baris". Tentunya ada sudah pernah mendengar kata-kata ini bukan?, tapi bila anda yang belum pernah silahkan baca tulisan saya ini dengan lengkap.Sebelum saya hendak menjelaskan web iklan baris saya akan menjelaskan pengertian iklan baris menurut saya tentunya. :) Iklan baris adalah sebuah promosi yang banyak dilakukan pada banyak media massa. Tentunya untuk mencapai pengertian ini banyak opsinya, misalkan: iklan baris yang ditempatkan pada koran/media cetak, dan bahkan media TV. Banyak yang akan dijabarkan untuk mencapai pengertian yang ada di setiap media. Tapi intinya iklan baris hanya mengacu pada cara promosi yang berupa sebuah kata-kata atau kalimat yang dipampang di sebuah media massa. :) Sekarang baru kita mulai pengertian web iklan baris. Anda sudah mengertikan tentang iklan baris?
Web iklan baris adalah sebuah web yang menyediakan jasa pemasangan iklan baik iklan itu berupa teks ataupun gambar. Web ini ada beberapa macam bila ditinjau dari biaya yang akan dikeluarkan oleh sipemasang iklan yaitu:1. gratis, Dikatakan gratis, yaitu kegiatan pemasangan iklan yang tidak dikenakan biaya sedikitpun dari setiap pemasangannya. Namun pihak provider/web akan memberikan kredit(waktu aktifasi iklan) dan batasan banyak iklan per sekali pasangnya. Jika kredit itu hanya diberikan dalam kurun waktu 1 bulan, maka setelah 1 bulan(mulai dari waktu pemasangan sebuah iklan) maka iklan tersebut akan hilang dan tidak dapat dipublikasikan di dalam web tersebut. Kebanyakan dari web ini menyediakan waktu maksimal 1 bulan. Biasanya web ini disebut"web iklan baris gratis".
2. gratis dan berbayar, Web ini menyediakan dua opsi yaitu pemasangan iklan secara gratis dan berbayar. Pada opsi pemasanga secara gratis sama persis dengan pengertian 'web iklan baris gratis' di atas. Untuk opsi pemasangan iklan secara berbayar yaitu jasa pemasangan iklan yang dilakukan dengan syarat 'bayar per sekali pasang iklan atau per iklan'. Jadi untuk opsi ini sipemasang iklan akan dikenakan biaya oleh sang provider/web sampai waktu yang tak terbatas atau mungkin sampai barang itu laku terjual, jadi iklan ini akan tetap aktif sesuai kehendak sipemasang iklan. Untuk biaya/tarif persekali pasang atau per iklan telah ditentukan oleh masing-masing provider/web. Dan pembayaran dilakukan secara'e-banking'.3. berbayar. Pengertian web ini sesuai/sama dengan pengertian opsi 'pemasangan iklan secara berbayar' diatas. Biasanya web pada jenis ini terdiri dari 'PTC' dan web yang menyediakan 'adsense' untuk para blogger.
berikut jenis web iklan baris jika ditinjau dari keikutsertaan sipemasang iklan di web tersebut:1. menjadi member Pada web jenis ini si pemasang iklan diharuskan untuk meregistrasikan dirinya dalam web tersebut untuk membuktikan bahwa dia telah bersedia untuk memasang iklan di web tersebut.2. langsung pasang iklan Pada web ini si pemasang dapat langsung beriklan tanpa mengharuskannya melakukan registrasi. Biasanya sipemasang hanya beriklan seperti testimonial/komentar saja.
=====SIAPA PENGGUNA/MEMBER WEB INI?======
1.seseorang yang hendak menjual/mempromosikan barangnya lewat internet agar produknya itu bisa 'go international'
2.para blogger yang ingin mempromosikan blog/web nya.
3.dll.
(intinya web ini dipergunakan untuk seseorang yang hendak berpromosi)




Mungkin cukup sekian penjelasan dari saya tentang web iklan baris. Semoga bermanfaat dan silahkan dikomentar tulisan saya ini."ORIGINAL BUATAN ANAK INDONESIA":)
2

2 komentar:

dodol said...

wah, kumpulblogger.com juga termasuk iklan baris kan ya?

Lianatus Solihah said...

ya.itu masuk jenis iklan baris yang bisa bermanfaat untuk dua belah pihak...pihak pertama untuk sipemasang iklan,dan pihak ke dua untuk pengambil iklan sebagai ads nya(adds click nya)