Friday, July 27, 2012

Tren atau fungsi?

Pada era teknologi dewasa ini kemajuannya sudah tersebar amat pesat. Kira-kira siapa sih yang tidak kenal dengan kata 'teknologi'?
Jika kita bertanya kepada seseorang tentang teknologi pasti mereka dapat menjabarkannya, walaupun setiap orang berasumsi berbeda-beda tapi kata-kata mereka pasti tak akan jauh dari tema 'era mesin'.

Apakah benar sekarang adalah era mesin?
Apakah benar sekarang jaman serba instan?
Jawabannya ada di rumah kita, di gengaman kita, di kantor kita, di banyak tempat diseluruh dunia.

Bayangkan saja, dari kabel menjadi nirkabel, dari kayu menjadi gas, dari kayuhan sepeda menjadi motor, dari kantor pos menjadi e-mail. Apalagi yang tidak instan pada era mesin ini?

Lalu bagaimana soal kegunaannya?
Banyak sekali!
Soal tepat fungsinya?
Nah ini dia..

Kemajuan teknologi yang pesat sekarang tak urung membuat hampir semua orang tergila-gila. Teknologi sekarang bukan lagi tabu-mimpi-atau hal yang tidak mungkin, kini teknologi menjadi 'trend' gaya hidup, maka tak heran kebanyakan orang berbondong-bondong untuk memburu 'trend' ini tanpa memperhatikan fungsi.

Memang apa hubungannya dengan fungsi?

Sesuatu pasti mempunyai kualitas, mutu, serta kegunaan masing-masing. Tapi dengan mengkesampingkan hal-hal itu maka semuanya bisa saja bernilai nol untuk diri kita.

Mengapa bisa dikatakan nol?

Sebelumnya kita harus tahu tingkat kepuasan seseorang itu berbeda-beda, tapi kalau dibiarkan itu bebas lepas didalam diri kita maka yang ada kita hanya menyiksa diri kita sendiri serta lingkungan kita dari berbagai segi (finansial, sumber daya alam yang digunakan, dll).

Kok begitu?

Contohnya saja:
1. Motor/mobil.
Buat apa kita mempergunakan ini hanya untuk beberapa jengkal dari rumah kita kalau itu masih bisa dijangkau oleh kaki/sepeda. Hal ini hanya akan membuang uang kita serta SDA tanpa kita sadari.

2. Hand phone/telepon genggam.
Sekarang adalah jaman black bery, i phone dan banyak macam lainnya yang membuat orang nampak berkelas dengan sekali gengam. Tapi bagaimana fungsinya? Satu yang sangat terasa untuk teknologi gengam yang pintar ini, adalah segi finansial. Tidak apa kita punya barang mewah ini, tapi kita juga harus menyadari tingkat kebutuhan yang premier, dengan begitu kita dan keluarga kita semakin tenang dalam mengatur keuangan.

3. Komputer/laptop.
Nah yang satu ini mungkin tidak akan terlalu berpengaruh dengan segi keuangan menengah keatas. Tapi terkadang kegiatan 'trend' masih dilakukan. Pemilihan komputer/laptop sesuai kebutuhan adalah pemikiran pintar.
Dengan memperhatikan segala aspek mengenain 'tepat guna, tepat trend' dapat menghemat segala aspek juga (finansial, SDA, dll), dengan begitu hidup kita serta orang-orang sekitar menjadi sangat tenang. Bukankah manusia yang moderen adalah manusia yang mampu berpikir, dan menelaah dari segala aspek?

Bagaimana dengan Anda?

Mohon berikan saran dan kritik, saya akan sangat senang menerimanya, guna kemajuan blog saya. Terimakasih telah berkunjung:D
0

0 komentar: